Air Terjun Pandai

ALAMI: Alam yang masih asri mengitari jernihnya air di sekitar air terjun, (Foto: Muhammad Zubair Fakro).

Pantar, ALOR DAILY** Pulau Pantar adalah bagian wilayah Kabupaten Alor yang banyak menyimpan tempat Рtempat yang sangat berpotensi menjadi objek wisata, baik wisata dasar lautnya yang cukup di kenal, wisata pantai, alam, budaya dan religi.

Dari semua itu terdapat objek wisata di Pulau Pantar yang tersembunyi dari pantauan adalah Air Terjun Pandai yang dapat di jadikan pilihan berwisata alam di Desa Pandai Kecamatan Pantar.

Letaknya kurang lebih 1,5 KM dari perkampungan di Desa Pandai di tempuh dengan berjalan kaki melewati hutan dan menyusuri anak sungai dengan alam yang masih asri dan segar, sehingga bagi pecinta alam yang sekedar hobi cukup melelahkan namun capek dan lelah itu akan terobati  ketika tiba di lokasi.

Air yang jernih dan segar mengalir diatas batu dari ketinggian 7 meter menghiasi sebuah kolam seluas 6 meter persegi menjadi pemandangan yang menggoda pengunjung untuk segera terjun kedalamnya.

Selain berenang di kolam nya yang terbentuk alami, banyak juga pengunjung yang mencoba cara lain menikmati segarnya air dengan meloncat dari atas air terjun, walau harus memanjat, pengunjung tidak perlu takut karena batu yang di lalui air terjun ini tidak licin dan aman untuk di daki.

Namun demikian tempat yang masih alami ini belum banyak di kenal dan belum di kelola dengan baik, harapan warga setempat saat menemani perjalanan sangat berharap kedepan dapat di kelola dengan baik sehingga selain menjadi objek wisata yang di kenal juga bisa meningkatkan perekonomian penduduk sekitar.