Puskesmas Buraga Gelar 1001 Sikat Gigi Untuk Alor

Anak-anak Buraga dengan senang dan gembira saat praktek sikat gigi, (Foto: Milik pribadi).
Anak-anak Buraga dengan senang dan gembira saat praktek sikat gigi, (Foto: Milik pribadi).

Abad, ALOR DAILY** Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 52, Puskesmas Buraga Kec. Abad, dalam program nya UKS UKGS melakukan kegiatan 1001 sikat gigi, di Desa Tribur Kec. ABAD, Sabtu (03/12/2016).

Kegiatan yang di prakarsai oleh Aliansi Pemuda Peduli Alor (ASPPAL) yang terdiri dari Nusantara Sehat Kab. Alor, Patriot Energi Kab. Alor, Zoom Alor dan KPAJP (komunitas Pecinta Alam Jelajah Pribumi) Kab. Alor itu melibatkan 3 Sekolah Dasar sebagai sasaran kegiatan yaitu , SD GMIT Gendok, SD GMIT Buraga, dan MIS Bombaru.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Tribur itu diawali oleh pembagian sikat gigi gratis dan “praktek langsung” cara sikat gigi yang benar, serta simulasi pembentukan kerusakan gigi dan mulut yang diperankan oleh aktor Nakes.

Disamping itu, momen ini juga di meriahkan dengan kegiatan Senam kesehatan yang dilakukan bersama-sama di pandu oleh kaka-kaka dari ASPPAL, kemudian di lanjutkan dengan Praktek Cuci Tangan yang benar dengan menggunakan Sabun.

Dengan riang anak-anak berebut cuci tangan, (Foto: Milik Pribadi).
Dengan riang anak-anak berebut cuci tangan, (Foto: Milik Pribadi).

Seluruh peserta yang merupakan anak-anak di daerah terluar Kabupaten Alor itu bersama dewan guru yang mendampingi, serta Kepala Desa Tribur bersama perangkat Desa sangat senang dan gembira ikut serta dalam kegiatan ini.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian menu sehat Bubur Kacang Hijau serta pembagian sertifikat sebagai penghargaan ikut serta memeriahkan Hari Kesehatan Nasional.

“Kesehatan merupakan harta berharga yang harus kita jaga sejak dini, Anak merupakan generasi penerus bangsa dan aset yang sangat berharga yang harus dipersiapkan dan dipenuhi segala kebutuhannya”, terang Rusmini Akbar, Kepala Puskesmas Buraga selaku penanggung jawab kegiatan.

Beliau mengharapkan, “termasuk dalam hal kesehatan gigi, diharapkan kedepannya akan menjadi sebuah peluang motivasi buat masyarakat untuk lebih bersemangat membangun sadar kesehatan, sehingga dengan sendirinya masyarakat akan sadar diri akan pentingnya hidup bersih dan sehat khususnya mulai usia dini”.