Mata Air Tawar dalam Laut

Alor selalu menampakan ragam keunikan, kali ini mata air tawar yang muncul dari dalam laut, tepatnya di pinggiran pantai Desa Baolang Kecamatan Alor Barat Laut (ABAL), menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar terutama warga pulau sebrang (Pulau Buaya) yang susah air.

Walaupun terdapat di dasar laut dan bercampur dengan air laur, namun rasa air tetap tawar tidak berubah jadi asin sehingga air yang sejak lama menjadi konsumsi masarakat Pulau Buaya ini menjadi unik dan punya nilai tersendiri.

Biasanya masayarakat sekitar mengambil air nya saat air laut surut sehingga mata air nya yang

berada di dasar laut itu bisa di gali, cukup meluangi pasir dengan peralatan seadanya di sekitar pantai, sudah bisa mengumpulkan air tawar yang cukup melimpah.

Letaknya yang tepat di sekeliling Pasar Baolang menjadi pemandangan tersendiri baik pedagang yang datang dari kota aupun pembeli yang sengaja datang dari Kalabahi untuk mencari ikan yang harganya terbilang paling murah.

Berjarak kurang lebih 20 KM dari Kota Kalabah, bisa di tempuh menggunakan kenderaan roda dua atau roda empat selama 1 jam perjalanan, walaupun cukup pegal namun pemandangan selama perjalanan yang menghias mata menjadi hiburan tersendiri mengobati pegal karena lama nya duduk di kenderaan.