YSKI, Perangi Kanker sampe Alor

PREFENTIF: Tim YSKI saat memberikan penyuluhan kepada guru-guru MTsN Kalabahi, (Foto: Muhammad Zubair Fakro).
PREVENTIF: Tim YSKI saat memberikan penyuluhan kepada guru-guru MTsN Kalabahi, (Foto: Muhammad Zubair Fakro).

Teluk Mutiara, ALORDAILY** Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI), sebagai sebuah lembaga kemanusiaan yang aktif memerangi kanker di seluruh wilayah indonesia, kini memperluas explorasi nya ke Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyakit kanker merupakan penyebab kematian terbesar di indonesia bahkan dunia, di tambah lagi dengan terlambatnya penangan secara medias ketika penyakitnya sudah stadium lanjut yang susah di sembuhkan.

Yayasan yang berpusat di Padang Sumatra Barat itu, sungguh-sungguh memerangi kanker ke seluruh belahan wilayah indonesia, termasuk di Alor yang termasuk daerah terluar yang berada paling depan berhadapan dengan Timor Leste.

Kegiatan yang di lakukan YSKI selama di Alor adalah memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya penyakit kanker, dan cara penangannnya serta tindakan preventif (pencegahan) sejak dini.

KURATIF: Simulasi cara mandiri mendeteksi kanker, (Foto: Muhammad Zubair Pakro).
KURATIF: Simulasi cara mandiri mendeteksi kanker, (Foto: Muhammad Zubair Pakro).

Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat, di karenakan masyarakat Alor, khususnya di kota Kalabahi yang sangat majemuk dengan tingkat pendidikan yang cukup merata namun masih banyak yang belum memahami secara mendalam tentang penyakit kanker apalagi cara menanganinya, sehingga diharapkan masyarakat Alor dapat mengenali dan melakukan pencegahan sebelum penyakit tersebut bisa tumbuh dan menjadi penyebab kematian terbesar di Alor.