Tasdil Ambil Bagian Dalam Aksi Peduli Korban Gempa di Alor

PEDULI Tasdil dan ACT saat membagikan sembako pada warga
PEDULI: Tasdil dan ACT saat membagikan sembako pada warga. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Alor Timur, ALORDAILY** Gempa bumi merupakan bencana alam yang mengakibatkan berbagai kerusakan tidak saja lingkungan juga bangunan dan bahkan mahluk hidup sekitar, sehingga Gempa alor kali ini merupakan tragedy kemanusiaan di Alor yang sangat memerlukan peran dan uluran tangan sesama guna meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah.

Oleh karena itu baik Instansi pemerintah, ormas-ormas, partai juga Individu termasuk dari kalangan para ustad di Kabupaten Alor yang tergabung dalam Komunitas Da’i Lokal ( TASDIL ) turut ambil bagian dengan menyalurkan bantuan di daerah bencana tersebut, tepatnya minggu (8/11/2015).

Setelah berkoordinasi dengan posko utama di Maritaing,Tasdil dengan pengurus inti bersama beberapa anggotanya turun langsung ke lokasi dengan membawa bantuan berupa sembako dan pakean anak-anak, dan menyalurkan langsung ke penduduk korban bencana.

“Mereka adalah saudara-saudara kita yang lagi kesulitan, sepatutnya kita turut berpartisipasi meringankan beban mereka, walaupun hanya sekedar sembako dan pakean anak-anak mudah-mudahan dapat membatu” ungkap Koordinator Tasdil, Jakaria Latif kepada Alor Daily.

 

Ustad yang berpropesi sebagai guru di MIN Ampera itu menambahkan, bencana alam merupakan tragedy kemanusiaan, sehingga kita sebagai manusia yang memiliki jiwa social pastinya merasa prihatin, oleh karenanya kami merasa terpanggil dan turun langsung membantu korban dengan tangan sendiri, walau masih sangat terbatas.

Dalam aksi peduli itu Tasdil juga bekerja sama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) dalam menyalurkan bantuan di Alor dan sama-sama turun kelokasi menyampaikan bantuan, dan rencana nya senin (9/11/2005) Tasdil bekerja sama dengan Dompet Dhuafa akan kembali ke lokasi gempa.

AKSI saat turun ke lokasi gempa
AKSI: Tasdil bersama ACT Saat turun ke lokasi gempa. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Dengn demikian kepedulian tidak saja di rasakan oleh masyarakat alor dan sekitarnya saja namun menjadi perhatian warga Indonesia yang merasa terpanggil meringankan beban para korban melaluli wadah-wadah kemanusiaan yang ada.

“Melalui Tasdil telah kami bentuk satu bidang yang focus pada penanganan bencana, sehingga kedepan Tasdil pun akan berperan aktif dalam penanggulangan bencana di kabupaten alor, tidak hanya mengurus pendidikan dan da’wah saja”, ujar jaka.

Ia melanjutkan, berhubung Tasdil baru terbentuk 2 tahun ini sehingga masih banyak program yang baru di rencanakan, namun kami optimis kedepan kami akan sangat berperan dalam permasalahan umat dan menjadi partner instansi manapun.