Ridwan Iho: Peran Aktif Masyarakat, Meningkatkan Mutu Pariwisata Alor

ridwan iho
PRANATA: Ridwan Iho, saat menghadiri kegiatan adat di Teluk Mutiara, (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Teluk Mutiara, ALORDAILY** Kabupaten Alor merupakan salah satu kabupaten terluar yang berada di garda terdepan negara yang berhadapan lagsung dengan Timur Leste, terdiri dari pulau-pulau kecil dengan sumberdaya alam yang indah di tambah ragam suku, budaya dan bahasa menjadikan Alor sebagai salah satu destinasi wisata di timur Indonesia.
“banyak sekali potensi yang dapat di jadikan objek wisata di Alor, yang di kelompokan menjadi 4 macam, yaitu Wisata Alam, Bahari, Budaya, Religi, namun butuh partisipasi dan peran aktif berbagai pihak untuk mengelola dan mengembangkan potensi tersebut sehingga bernilai dan dapat menjadi magnet bagi wisatawan agar berkunjung ke Alor”. ujar pemerhati kealoran, Ridwan Iho kepada Alor Daily.
Ia menjelaskan, masyarakat alor adalah masyarakat yang selalu mengutamakan kebersamaan, nilai-nilai budaya tetap di pertahankan, namun sisi agamis sangat kental dan berpengaruh di masyarakat, sehingga selain alam alor yang indah wisata budaya dan religi merupakan sisi pariwisata yang harus terus di galakan.
“pemerintah lewat programnya Gemma Mandiri, pada pilar ke satu yaitu peningkatan struktur ekonomi yang berdaya saing berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar lewat pariwisata sehingga partisipasi aktif mengembangkan wisata sama dengan peningkatan ekonomi masyarakat, apalagi di dukung pilar ke tiga ya’ni optimalisasi pembangunan infrastruktur, sehingga semua titik wisata dapat di jangkau dengan mudah” terang Camat Teluk mutiara tersebut dengan cermat.
Program pemerintah ‘Gemma Mandiri’ di kemas dalam 4 pilar percepatan pembangunan
1. Peningkatan struktur ekonomi yang berdaya saing
2. Pemantapan kapasitas sumber daya manusia
3. Optimalisasi pembangunan infra struktur
4. Pemantapan kelembagaan pemerintah dan masyarakat yang berlandaskan hukum
“Sekarang tinggal masyarakat itu sendiri yang harus membuka diri menambah wawasan dan mengembangkan diri, dengan menambah ilmu pengetahuan lewat pelatihan-pelatihan yang di adakan, atau setikaknya mempersiapkan diri dengan terus berlatih khususnya seni dan budaya alor sehingga corak budaya dapat di tampilkan dengan indah dan alami” tambah bapa camat, sapaan akarab masyarakt teluk mutiara.
Beliau menambahkan, pembentukan organisasi dan kelembagaan harus berlandaskan hukum dan fokus pada penanganan pariwisata sehingga kedepan event atau kunjungan wisata bukan lagi di prakarsa oleh pemerintah namun organisasi tertentu, dengan begitu di satu sisi mempermudah pemerintah juga di sisi yang lain mendongkrak nilai jual pariwisata itu sendiri di dunia luar.
Kuncinya Sumber Daya Manusia
Ridwan berargumen, Salah satu yang kurang dalam peningkatan pariwisata Alor adalah minimnya SDM bidang pariwisata, sehingga pengelolaan dan pengembangannya sangat lambat sekali, jika dibanding kabupaten lain di NTT yang lebih cepat berkembang.
“generasi muda adalah generasi yang penuh inspirasi dan inovasi, jadi dengan pemuda yang ahli di bidang pariwisata, maka pengelolaan dan peningkatan pariwisata akan berjalan cepat dan , Program pemerintah saja tidak cukup, pelatihan-pelatihan, sosialisasi ataupun kursus pariwisata merupakan langkah yang baik sekali, namun alangkah lebih baik lagi masyarakat sendiri yang berinisiatif menggali ilmu pengetahuan di bidang pariwisata langsung dari bangku kuliah ataupun sekolah kejuruan sehingga terbentuk SDM yang mumpuni dan ahli di bidang tersebut”. terang nya.

3 thoughts on “Ridwan Iho: Peran Aktif Masyarakat, Meningkatkan Mutu Pariwisata Alor

  1. Destinasi wisata akan menjadi berkembang jika peran aktif masyarakat setempat dalam mengelola kawasan wisata tersebut.

  2. Saya tertarik dengan informasi mengenai tempat wisata diatas. Indonesia memang Negeri yang memiliki keanekaragaman tempat wisata yang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.Selain itu, tulisan diatas sangat menarik untuk dipelajari yang dapat menambah wawasan kita mengenai kebudayaan di lndonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Explore Indonesia yang bisa anda kunjungi di http://indonesia.gunadarma.ac.id/

Comments are closed.