MTsN Kalabahi Rangkul Akademi Alor United dalam Upaya Pengembangan Prestasi Siswa

pemanasan
PEMBINAAN: Pemain MTsN Kalabahi pemanasan saat mengikuti Kompetisi Piala Bupati U-21. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Teluk Mutiara, ALORDAILY** MTs Negeri Kalabahi pererat kerja sama dengan Akademi Alor United dalam rangka partisipatif pengembangan prestasi siwa, dalam hal ini pengembangan sepak bola usia dini.

Setelah terpilihnya 6 pemain MTsN Kalabahi ke dalam tim Akademi Alor United yang mengikuti Liga Pelajar Piala Menpora di Kupang, Kepala MTsN Kalabahi Manusur Bakri Sama kepada Alor Daily, rabu (21/10/2015) menyampaikan ucapan terimakasi terhadap Alor United dan berencan membuat kesepakan kerja sama yang lebih formal lagi.

“Dalam pengembangan prestasi perlu diadakan kerja sama dengan pihak yang kompeten di bidangnya sehingga mampu memberikan sumbangsih positif dan langkah maju bagi prestasi siswa yang telah di peroleh untuk lebih baik lagi”, ujar Mansur.

Ia menambahkan, di MTs kami hanya membina pemain menjadi lebih baik dan berprestasi namun peran lembaga yang lebih kompeten dengan managemen yang baik seperti Alor United pemain potensial ini bisa merasakan prestasi yang lebih tinggi lagi.

Dengan di jalinnya kerja sama ini tidak menutup kemungkinan seluruh jebolan SSB MTsN Kalabahi akan melanjutkan kiprah nya di sepak bola bersama Alor United, namun demikian Abshar Likur, pelatih SSB MTsN Kalabahi tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk memilih klub mana yang akan mereka bela.

“Kita memang bekerja sama dengan Alor United dan mengarahkan pemain kesana, tapi pemain berhak memilih jika lebih tertarik klub lain tidak kami paksakan, itu hak dia yang menentukan masa depannya” ujar Abshar.

Owner Alor United, Mahdi Ibrahim saat di konfirmasi, kamis (22/10/15) sangat mendukung sekali dan menyambut baik rencana Kepala MTsN Kalabahi itu, dan berencana bicara lebih serius lagi masalah ini bersama.

“Ini kerja sama yang saling menguntungkan, saya sangat senang sekali, dengan kerja sama ini Alor United adalah jembatan siswa MTsN Kalabahi meraih prestasi yang lebih tinggi” sambut Owner Alor United, Mahdi Ibrahim.

SSB MTsN Kalabahi

Sepak bola merupakan budaya masyarakat alor, sehingga wajar jika sepak bola sudah menyatu dengan jiwa anak-anak alor, banyak pemain-pemain yang memiliki bakat alam yang special namun minat dan bakat itu perlahan-lahan hilan dan sirna tanpa di kembangkan.

Banyak orang menyukai sepak bola, banyak orang hobi bola, banyak juga yang bercita-cita jadi pemain profesional, namun sangat di sayangkan tidak adanya sekolah sepak bola atau lembaga yang fokus pada pembinaan pemain sejak dini.

Namun SSB MTsN Kalabahi hadir sebagai solusi, sebagai pusat pembinaan dan latihan usia dini bersama SSB Putra Kenari yang sudah lama eksis dalam pembinaan sepak bola di Kabupaten Alor dan lebih professional secara organisasi dan managemen, sehingga perlahan tapai pasti, pemain-pemain yang berkualitas mulai bermunculan.

Baru 4 tahun terakhir MTsN Kalabahi fokus pada pembinaan sepak bola usia dini yang di galakan sebagai ekskul sekolah, sehingga ekskul dengan nama SSB MTsN Kalabahi itu memberikan solusi bagi anak-anak alor untuk mengembangkan bakat minatnya pada sepak bola dan mewujudkan mimpinya menjadi pemain yang bertalenta.

Sejak angkatan pertama pemain-pemain jebolan SSB ini kemudian di rekrut oleh beberapa klub kota kalabahi sebagai amunisi baru dalam tim mereka delam setiap kompetisi dan mampu menjadi pemain yang di andalkan dalam tim.