Alor Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-87

peserta upacara
SEMANGAT MUDA: Antusias peserta saat mengikuti upacara. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Kalabahi Kota, ALORDAILY** Momentum mengenang sejarah dan refleksi semagat pemuda , Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-87 di laksanakan pemuda-pemudi Kabupaten Alor di Stadion Mini Kalabahi, rabu (28/10/2015).

Upacara yang di laksanakan dengan mengusung tema “ Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Untuk Bumi ” itu, di ikuti sejumlah Pegawai Negeri Sipil dari berbagai instansi, para pemuda dari berbagai ormas, pelajar-pelajar dari sejumlah sekolah, TNI Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja se Kota Kalabahi dengan semangat.

Bertindak selaku Inspektur upacara Kapolres Alor, Bambang Hermanto menyampaikan amanat dengan membaca sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi yang menyoroti dua keperihatinan yaitu keperihatinan akan fenomena baru berubahnya pola reality kemasyarakatan kita akibat arus perkembangan teknologi informasi, dan keperihatian terkait fenomena pengelolaan sumber daya alam kita yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

Walaupun tema dan isi sambutan yang di baca mengandung ma’na yang sangat luas, namun sangat sesuai sekali dengan kondisi di kabupaten alor, dimana arus perkembangan teknologi dan informasi sangat mempengaruhi sekali dan berperan dalam perubahan tingkah dan perilaku pemuda di Kabupaten Alor baik dari sisi positif terutama negative.

Hal kedua yang sangat di perihatinkan juga sangat sesuai dengan kondisi sumber daya alam di kabupaten Alor yang penanganannya belum maksimal dan berkelanjutan dengan baik sehingga banyak potensi daerah baik hasil bumi juga daerah pariwisata sangat lambat perkembangannya.

pembacaan sumpah pemuda
PEMUDA: Saat pembacaan teks Sumpah Pemuda oleh pemuda-pemudi Alor. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Di hujani terik panas mentari peserta antusian mengikuti prosesi upacara hingga usai, yang di lanjutkan dengan penampilan atraksi marching band dari beberapa sekolah dan atrasi pencak silat kemudian di tutup dengan penampilan dua atlit kempo Alor yang berhasil menduduki 10 besar pada pra PON di bandung oktober lalu.