Tuti Adagae, Sumber Mata Air Panas di Timur Alor

mata air panas tuti adagae
WISATA ALAM: Sumber mata air panas yang indah. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Alor Timur Laut, ALORDAILY** Sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur tak henti-hentinya menyugukan pemandangan menarik yang sayang di lewatkan, kali ini keindahan sumber mata air panas Tuti Adagae yang berada di sebelah timur pulau Alor layak di jadikan destinasi wisata.

Berjarak kurang lebih 50 KM dari kota kalabahi, tepatnya di Kecamatan Alor Timur Laut sumber air mata air ini bukan saja memanjakan pengunjung dengan Airnya yang panas namun juga pemandangan alam sekitar sejak dalam perjalanan hingga lokasi menjadi nilai tambah yang memanjakan mata.

Sangat mudah di jangkau dengan kenderaan bermotor baik roda dua maupun roda empat karena di dukung dengan kondisi jalan yang sangat baik hingga lokasi, keadaan masyarakat yang sekitar yang masih hidup secara tradisional namun ramah walaupun terlihat sedikit kasar namun tidak dengan kenyataannya.

Dapat di tempuh kurang lebih satu jam perjalanan, berbeda dengan mata air panas pada umumnya, terdapat dua lokasi sumber mata air yang letaknya tidak berjauhan yang berada di tengah aliran sungai.

Sumber yang pertama berupa gelempungan air yang keluar dari dasar bumi dengan suara yang has seperti motor gede (moge) seolah menyambut kedatangan pengunjung dan menemani keberadaan mereka di sana, jangan coba-coba menyentuh apalagi mandi di sana karena airnya sangat panas.

mata air panas tuti adagae
HIBURAN: Ekspresi pengunjung saat tiba di lokasi. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Sumber yang kedua sekitar 50 meter dari titik pertama, air panas menyembur keluar dari tumpukan endapan batu-batu kecil yang mengeras dengan ketinggian lebih dari 1 meter di sekitar lubang, dengan warna jingga yang sangat indah, juga air nya sangat bersahabat yang biasa di manfaatkan pengunjung dengan mandi untuk menghilagkan penat dan lelah setelah jauh menempuh perjalanan.

Intinya Sumber Mata Air Panas Tuti Adagae layak di jadikan destinasi wisata alam, jika anda berkunjung ke Kabupaten Alor, di belahan timur Indonesia.