Situs Rumah Adat Suku Mowila di Alor Timur

LESTARI - Rumah Adat Allawa Bungaban di Kampung Lantoka, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, NTT. (Foto: Muhammad Zubair Pakro)
LESTARI – Rumah Adat Allawa Bungaban di Kampung Lantoka, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, NTT. (Foto: Muhammad Zubair Pakro)

Alor Timur, ALORDAILY** Satu lagi Situs Rumah Adat di Kecamatan Alor Timur yaitu Rumah Adat Allawa Bungaban yang terletak di Dagatawalla kampung Lantoka Desa Tanglapui Kecamatan Alor Timur.

Rumah adat ini tidak berbeda dengan rumah-rumah adat pada umumnya di kabupaten Alor yaitu berbentuk lopo, berlantai tana memiliki 4 tiang utama dari batang pohon kayu putih yang banyak tumbuh di sekitar, kemudian terdapat dulang bulat yang terbuat dari pohon wangi humajang sebagai penghubung antara tiang utama dan tiang penjuru yang menopang atap, dimana tiang penjuru tersebut di buat dari kayu Allawa (Bunga Terputar) yang menjadi nama rumah adat tersebut, sedangkan atapnya menggunakan alang-alang, tidak menggunakan dinding dan terdapat dua bale – bale yang terbuat dari bampu sebagai tempat duduk dan beristirahat.

Bangunan yang baru di resmikan tahun 2011 sebagai situs rumah adat itu adalah rumah adat suku Mowila yang warganya tersebar di 8 kampung, yaitu 2 Kampung di Desa Tara Mana kec. Alor Timur Laut yaitu kampung Kalangkom dan Kampung Lakadesi, 2 Kampung adat di Desa Purnama Kecamatan Pureman yaitu kampung adat 1, yaitu pemukiman yukpur dan dalamang, kampung adat 2, kampung Sekampuru dengan pemukiman Akawera dan Lilamana, berikutnya 2 kampung di Desa Tanglapui Timur yaitu kampung Wadimang dan kampung Seluka, kemudian 2 kampung terakhir di Desa Tanglapui yaitu kampung Sagamana dan kampung Allamang dengan pemukiman Modudu dan Lantoka.

Menurut Edwar N. Modama (pengurus rumah adat), “ rumah adat ini biasa di pake perhimpunan keluarga untuk acara-acara adat, diantaranya pernikahan mulai dari proses lamaran sampai pengantaran pengantin perempuan kerumah suaminya, saat memulai bercocok tanam dan panen, sampai menyimpan upeti hasil panen, dan kegiatan-kegiatan adat lainnya”.

Kehidupan sehari-hari warga suku Mowila adalah bertani dan berburu, ini sesuai dengan letak geografis tempat tinggal mereka yang berada di gunung-gunung yang sebagian besar di penuhi pohon kayu putih dan hutan yang lebat, namun di beberapa pemukiman yang sedikit lembah sebagian warganya bercocok tanam karena mendapat air yang cukup untuk mengairi sawah, sebagian warga lagi beternak sapi. Adapun agama yang di anut adalah seluruhnya beragama Kristen.

Unik

Walaupun tidak semua warga nya beternak namun sapi-sapi dari suku mowila cukup banyak, hususnya di kampung Lantoka, yang menjadi keunikan nya adalah semua sapi milik mereka tidak di ternak di kandang namun di lepas di hutan bebas sehingga sangat liar sebagaimana binatang yang hidup di hutan dengan bodi yang besar dan kuat, sehingga kampung Lantoka menjadi salah satu tempat pemasok sapi yang cukup besar di kabupaten alor.

One thought on “Situs Rumah Adat Suku Mowila di Alor Timur

Comments are closed.