Green Qurban, Distribusi Hewan Qurban Kerja Sama Tasdil dan Sinergi Foundation

GREEN QURBAN - Tim distribusi hewan qurban Tasdil Alor berpose di kandang sapi. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)
GREEN QURBAN – Tim distribusi hewan qurban Tasdil Alor berpose di kandang sapi. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

Teluk Mutiara, ALOR DAILY ** Menjelang pelaksanaan Hari Raya Qurban, Komunitas Dai Lokal (Tasdil) Kabupaten Alor mendapat amanah untuk menyalurkan hewan qurban titipan Sinergi Foundation melalui program Green Qurban, di daerah-daerah miskin, rawan pangan, rawan bencana, dan rawan akidah di Kabupaten Alor.

Pelaksanaan program serupa pada tahun lalu dinilai sukses. Ketika itu, Tasdil menyalurkan hewan qurban di beberapa daerah miskin rawan aqidah yang dititipkan beberapa dermawan. Pada tahun kedua sejak eksis, amanah kepada Tasdil merupakan suatu langkah maju.

Setelah menindaklanjuti prosedur yang diajukan Sinergi Foundation melalui jaringannya di Kabupaten Alor, tim distributor Tasdil langsung bergerak cepat, muai dari mengumpulkan data penerima dan alamat nya, juga mencari hewan qurban yang sesuai prosedur.

“Tahun lalu kami hanya menyalurkan hewan qurban kambing saja. Itu pun yang dititipi oleh beberapa dermawan. Alhamdulillah, tahun ini, selain kambing, kami juga menyalurkan sapi dari Sinergi Foundation,” ujar Ketua Tasdil, Ustad Jakaria Latif, kepada Alor Daily, beberapa waktu lalu.

Ia berharap, kepercayaan ini tidak hilang, sehingga pada tahun-tahun yang akan datang, akan lebih banyak lagi pihak yang mau menitipkan hewan qurbannya kepada Tasdil untuk disalurkan.

HUNTING - Tasdil Alor hunting hewan qurban di Kampung Lantoka. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)
HUNTING – Tasdil Alor hunting hewan qurban di Kampung Lantoka. (Foto: Muhammad Zubair Fakro)

“Walaupun jaringan kami luas dan dekat dengan masyarakat, namun ini baru tahun kedua. Jadi, masih banyak orang yang belum tahu program kami ini. Padahal, beberapa tempat yang sempat kami tinjau memang sangat membutuhkan sekali uluran tangan dari para dermawan,” tutur Jakaria.

Profil Tasdil

Komunitas Dai Lokal (Tasdil) adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh ustad- ustad muda untuk menjawab tantangan dakwah di Kabupaten Alor, sehingga aktivitasnya terfokus pada kegiatan dakwah islamiyah.

Sejak diresmikan oleh Bupati Alor, Amon Djobo, pada Ramadhan hari kedua tahun lalu, Tasdil banyak terlibat dalam kegiatan dakwah di Kabupaten Alor, khususnya di Kota Kalabahi dan sekitarnya, mulai dari mengisi acara-acara keagamaan di masyarakat, hingga pengobatan islami, seperti Ruqyah Syar’i dan Bekam.

“Kami sangat berharap sekali, Tasdil bisa menjadi solusi permasalahan umat. Apalagi sangat mendapat dukungan dari tokoh-tokoh agama di Kabupaten Alor dan ormas-ormas Islam yang sudah ada sebelumnya,” ucap Ketua tim Distributor Qurban Tasdil, Hasan Kampoh.

2 thoughts on “Green Qurban, Distribusi Hewan Qurban Kerja Sama Tasdil dan Sinergi Foundation

  1. AlhamdulillahiRabbil’alamin…
    Sebuah komunitas yang usianya masih kanak-kanak (dua tahun berjalan) namun kerjanya cukup menggembirakan, khususnya bagi ummat Islam di Kabupaten Alor dan sekitarnya…

    Diharapkan semoga Komunitas (TASDIL KAB. ALOR) kecil ini kelak menjadi sebuah wadah pencerahan ummat dan mampu memberikan solusi bagi masyarakat Alor bahkan NTT dan hingga ke kanca Nasional dan Internasional sehingga mampu membawa dampak positif bagi Islam rahmatan lil’alamin…aamiin…

  2. Muhammad Zubair Fakro

    - Edit

    amin… mudah-mudahan tahun depan banyak yang kasih kepercayaan ke Tasdil jadi wilayah qurbannya semakin luas ust..

Comments are closed.